Satu SBMPTMu
Untuk Indonesia

Didukung penuh oleh

Sambutan Pimpinan Pusat Muhammadiyah

Mengapa Memilih SBMPTMu?

SBMPTMu atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Muhammadiyah/ ‘Aisyiyahmerupakan seleksi bersama penerimaan mahasiswa baru di lingkungan Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah (PTMA) yang diinisiasi oleh Majelis Pendidikan Tinggi Penelitian dan Pengembangan (Diktilitbang) Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Pelaksanaannya dilandasi semangat kebersamaan untuk membesarkan PTMA. Tujuan dari kegiatan ini agar PTMA mendapatkan input yang baik sekaligus lulusan yang berkualitas sehingga dapat berkontribusi pada kesejahteraan masyarakat.

Pada tahun 2022 ini SBMPTMu masuk tahun ke-5. Launching SBMPTMu pada tahun pertama (2018) telah dilaksanakan di Kantor PP Muhammadiyah, Jl. Menteng Raya No.62 pada tanggal 27 Mei 2018 oleh Ketua Umum PP Muhammadiyah, Dr. H. Haedar Nashir, M.Si, dihadiri oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Prof. Dr. Muhajir Effendy, M.A.P; Perwakilan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Ketua Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah, Prof. H. Lincolin Arsyad, M. Sc., Ph. D.; Ketua Panitia Pusat SBMPTM, Dr. Ir. Gunawan Budiyanto, M.P.; dan Direktur Bank Mandiri Syariah, serta Pimpinan PTMA dari seluruh Indonesia.

Pada tahun lalu SBMPTMu 2018 (dulu SBMPTM) dikuti oleh 12 (dua belas) PTMA untuk Program Studi Pendidikan Dokter saja. Pada tahun 2022 ini telah menjadi 121 PTMA dan mencakup lebih dari 500 Program Studi tersebar di seluruh Indonesia.

Seleksi menggunakan sistem Computer Based Test (CBT), peserta dapat memilih lokasi tes terdekat. SBMPTMu  terbagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok I untuk Program Studi Pendidikan Dokter dan Dokter Gigi dengan dua jenis tes yaitu Tes Kemampuan Akademik (verbal, numerik, logika) dan Materi Mata Pelajaran (Biologi, Kimia, Fisika, dan Bahasa Inggris). Kelompok II adalah Program Studi lainnya dengan materi tes yaitu Tes Kemampuan Akademik (verbal, numerik, logika).

Keunggulan sistem pendaftaran online SBMPTMu memudahkan calon mahasiswa memilih PTMA tujuannya. Calon mahasiswa cukup mendaftar melalui portal online sbmptmu.id dan melakukan pembayaran melalui portal SBMPTMu. Sehingga pada pelaksanaannya, diharapkan lebih fleksibel dan efisien karena lintas wilayah.

Dengan biaya pendaftaran Rp.750.000,- untuk Prodi Pendidikan Dokter dan Dokter Gigi peserta mempunyai kesempatan memilih 3 (tiga) program studi Pendidikan Dokter dan Dokter Gigi  pada PTMA yang berbeda dan mengikuti ujian di lokasi terdekat. Untuk Prodi lainnya biaya pendaftaran Rp 300.000,- mempunyai kesempatan memilih 4 (empat) program studi pada PTMA yang sama atau berbeda di lokasi terdekat.

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi sekretariat panitia pusat di Gedung Admisi Kampus Terpadu Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Jl Brawijaya, Tamantirto, Kasihan Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta, 55183. Telp (0274) 387656 ext 200  Fax (0274)387646, 

WA: 081388111912

email : sbmptmu@muhammadiyah.id

website: https://sbmptmu.id

Hubungi Kami

Sekretariat

Gedung Admisi
Kampus Terpadu UMY (Universitas Muhammadiyah Yogyakarta)
Jl Brawijaya, Tamantirto, Kasihan, Bantul
Daerah Istimewa Yogyakarta 55183

Kontak

Telpon: (0274) 387656 Ext.200
Fax : (0274) 387646
Web : sbmptmu.id
Email : sbmptmu@muhammadiyah.id

Sosial Media